Tips Sukses Membangun Usaha Kekinian di Kota Makassar

Membangun bisnis yang benar di waktu yang tepat adalah salah satu poin yang menentukan dalam kesuksesan bisnis. Dengan kemajuan teknologi, saat ini sudah banyak usaha kekinian di Kota Makassar yang bisa menjadi pilihan bagi Anda yang sedang berencana membangun usaha.

Kota Makassar sendiri merupakan kota besar yang memiliki potensi yang sangat baik bagi Anda yang ingin menjalankan segala jenis usaha. Dengan perencanaan yang baik dan penggunaan teknologi yang ada, kemungkinan  untuk sukses dalam membuat usaha kekinian di Kota Makassar sangat mungkin terjadi pada usaha Anda

Mencari ide bisnis kekinian yang cocok untuk Anda bangun di Kota Makassar? Berikut adalah beberapa ide bisnis yang bisa Anda kembangkan dengan sedikit keahlian yang Anda kuasai :

1. Minuman Kekinian

Pernahkan Anda mendengar es kepal milo? Minuman tersebut sempat sangat viral dan menjamur di banyak daerah tidak terkecuali di Kota Makassar. Walaupun saat ini ketenarannya sudah pudar, bukan berarti jenis usaha minuman kekinian kehilangan pamor.

Seiring banyaknya toko minuman terkenal seperti thai tea, kopi dalam kemasan, boba, atau cheese tea, menjadikan ide usaha minuman kekinian sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari ide usaha terbaik di Kota Makassar. Hanya dengan sedikit modal dan keahlian juga pengalaman dalam meracik minuman, Anda bisa dengan mudah untuk membangun bisnis ini.

Tips: Pilihlah lokasi strategis dan memiliki konsumen yang mayoritas anak muda seperti dekat kampus, sekolah, atau kantor. Sesuaikan harga dengan kualitas bahan minuman yang Anda jual, jangan lupa untuk memasarkannya pada aplikasi pengantaran makanan.

Baca juga : Tips Sukses Bagi Anda yang Ingin Menjual Kue Khas Makassar

2. Sayuran Hidroponik

Seiring meningkatnya kebutuhan makanan yang sehat, membangun bisnis sayuran hidroponik di rumah bisa menjadi alternatif terbaik bagi Anda yang berniat membangun bisnis di Kota Makassar.

Untuk membangun perkebunan sayuran hidroponik pun tidak dibutuhkan modal yang besar dan juga lahan yang luas, hal ini menjadikan bisnis ini menjadi jenis agrobisnis yang sangat menguntungkan bagi Anda yang memiliki keterbatasan modal dan lahan.

Hal yang perlu Anda perhatikan dalam membangun usaha hidroponik adalah proses pemasaran dari hasil kebun Anda nantinya. Tanpa pemasaran yang benar, Anda bisa mengalami kerugian akibat penumpukan stok dari hasil panen Anda.

Tips : 10 Tips Memulai Bisnis Hidroponik Yang Menguntungkan

3. Menjual Makanan secara Online

Tren bisnis konvensional sekarang sudah mulai bergeser ke arah bisnis online. Jika Anda sebelumnya memiliki bisnis yang menjual produk makanan secara konvensional seperti di warung atau hanya membuat barang jika hanya ada pesanan, kini Anda harus mencoba untuk menjual produk makanan Anda secara online.

Gunakanlah media sosial sebagai awal untuk melakukan pemasaran produk Anda secara online. Jangan lupa juga untuk bekerja sama dengan aplikasi penyedia pengantaran makanan. Pertimbangkan juga untuk melakukan pemasaran produk dengan menggunakan jasa para influencer.

Tips : Jika Anda memasarkan produk di media sosial, pastikan Anda menggunakan foto dengan kualitas terbaik yang membuat tampilan produk Anda lebih menggugah selera dan menarik siapapun yang melihatnya ingin membelinya. Anda bisa menggunakan jasa fotografer yang biasa mengambil gambar makanan secara menarik.

Baca juga : Rahasia Sukses Membuka Toko Komputer di Kota Makassar

4. Jasa Servis Smartphone atau Gawai lainnya

Memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam memperbaiki smartphone, laptop, komputer atau gawai lainnya? Anda bisa membuka usaha servis gawai yang saat ini sudah menjadi kebutuhan seperti smartphone, laptop, atau tablet. Seperti barang elektronik lainnya, kemungkinan kerusakan pada gawai kesayangan cukup tinggi jika mereka tidak menggunakannya secara hati hati atau akibat kejadian tidak terduga.

Saat ini, banyak merk smartphone atau gawai  yang mengeluarkan model, tipe, atau seri yang berbeda dikeluarkan setiap bulannya. Semakin banyak jenis dan merk gawai yang tersedia, maka semakin banyak pilihan bagi pelanggan untuk memilih gawai yang sesuai kebutuhan mereka. Dan ini bisa menjadi kesempatan untuk Anda yang memiliki keterampilan memperbaiki gawai yang rusak membuka jasa servis.

Tips : Anda tidak harus mengerti semua jenis gawai! Misalnya Anda memiliki keterampilan dan kemampuan mumpuni untuk memperbaiki smartphone, namun Anda memiliki pengetahuan terbatas untuk memperbaiki laptop, Anda bisa menjadikan perbaikan smartphone sebagai spesialisasi jasa yang Anda sediakan.

Pastikan juga Anda terus mengetahui tren smpartphone atau gawai terbaru. Selain untuk menambah pengetahuan Anda, hal ini juga dapat menambah keterampilan yang bisa Anda gunakan dalam usaha Anda nantinya. Pertimbangkan untuk memiliki layanan panggilan ke rumah yang akan mempermudah para konsumen Anda.

Baca juga : Tips Ampuh Agar Sukses Menjadi Distributor Sembako di Kota Makassar

5. Membangun Penginapan dan Bekerja sama dengan OTA

Usaha kekinian di kota Makassar selanjutnya adalah membangun penginapan dan mendaftarkannya di OTA. Pernah dengar Airy, Oyo, Reddoorz. Traveloka, atau Pegipegi? Itu adalah beberapa perusahan OTA atau online travel agent yang ada di Indonesia. Perusahaan ini menawarkan kerja sama bagi mereka pemilik penginapan dan memasarkannya melalui aplikasi mereka.

Kota Makassar sendiri merupakan kota wisata yang memiliki potensi yang baik bagi Anda pemilik penginapan kecil yang bekerja sama dengan perusahaan OTA. Hal ini dikarenakan perusahaan OTA sudah memiliki sumber daya dan pasar yang sangat besar. Tren pemesanan tiket dan hotel secara online melalui OTA juga bisa menjadi alasan mengapa Anda harus memilih jenis bisnis ini.

Tips : Anda tetap memegang kendali penuh pada semua kamar yang Anda pasarkan di OTA, jadi pastikan Anda memantau ketersediaan kamar untuk setiap OTA yang Anda pilih. Jika Anda hanya sendiri dalam mengelola penginapan Anda, jangan terlalu banyak memasarkan kamar Anda di berbagai OTA yang berbeda, karena hal ini akan menyulitkan Anda untuk memantuanya jika Anda tidak memiliki tenaga kerja yang khusus menangani hal ini.

Baca juga : 10 Rahasia Sukses Mendirikan Usaha Toko Bangunan di Kota Makassar

6. Jasa Les Privat

Membuka jasa les privat bisa menjadi salah satu ide usaha yang bisa Anda pertimbangkan. Jika Anda memiliki kemampuan untuk mengajar usaha jenis ini bisa menjadi usaha yang sangat menguntungkan, terlebih dengan hadirnya platform pengajaran online seperti Ruangguru atau Quipper.

Dengan bantuan teknologi tentunya Anda bisa menawarkan jasa bimbingan belajar secara mudah, terlebih jenis usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar.

Tips : Pastikan untuk berkomunikasi dengan jelas dan efektif. Selalu rencanakan pelajaran sebelumnya dan selalu punya ‘rencana b’ untuk pelajaran yang akan Anda ajarkan. Pastikan untuk mengembangkan ‘toolbox’ pengajaran Anda dari ide-ide yang bagus untuk digunakan untuk ‘rencana b’ Anda.

Baca juga : Perhatikan 6 Hal ini Sebelum Membuka Bengkel di Kota Makassar

Kesimpulan

Itulah beberapa usaha kekinian yang cocok Anda bangun di Kota Makassar. Pastikan Anda memiliki keterampilan atau pengalaman yang dapat menunjang kesuksesan dalam membangun usaha Anda nantinya.

Hal yang perlu Anda perhatikan dalam membangun sebuah usaha adalah dengan adanya pengeluaran dan pemasukan, dan kedua hal ini harus Anda catat dalam pembukuan secara terperinci dan sesuai standar.

Untuk memudahkan Anda dalam pengelolaan pembukuan yang baik dan benar, Anda bisa mencoba menggunakan software pembukuan yang mudah digunakan dan memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda seperti Accurate Online.

Sumber:
https://accurate.id/bisnis-ukm/membangun-usaha-kekinian-di-kota-makassar/