Ruang Kreatif untuk Milenial Bakal Hadir di Makassar Tahun Depan

MAKASSAR – Pemprov Sulawesi Selatan (Sulsel) tengah membangun South Sulawesi Creative Hub (SSCH). Ruang berkreasi bagi generasi muda di Sulsel ini, ditargetkan rampung 2020 mendatang.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, Malik Faisal menjelaskan, South Sulawesi Creative Hub ini sengaja disiapkan untuk sarana dan memfasilitasi anak muda untuk berkarya. Diyakini, banyak generasi muda yang kreatif, namun masih kekurangan wadah untuk mereka berkreasi.

“South Sulawesi Creative Hub ini dibangun untuk memfasilitasi milenial kita untuk mengembangkan bakat dan kreativitasnya,” tutur Malik yang dikonfirmasi SINDOnews, Minggu (24/11/2019).

Dia mengatakan, ruang kreatif ini akan dilengkapi berbagai fasilitas. Di antaranya, meeting room, working place, production house, expo product, ruang animasi, mini teater, ruang fotografi, dan sarana prasarana lain yang dianggap bisa memfasilitasi anak muda milenial.

Diketahui, South Sulawesi Creative Hub ini tengah didirikan di sekitar kawasan Celebes Convention Centre (CCC), jalan Metro Tanjung Bunga.

Malik menyebutkan, Dinas Koperasi dan UKM mengusulkan anggaran total mencapai Rp7 miliar yang dialokasikan secara bertahap.

“Untuk gedung SSCH dibutuhkan total anggaran Rp7 M. Untuk tahun 2019 dianggarkan Rp1,8 M dan diharapkan tahun 2020 sisanya di anggarkan Rp5,2 M, sehingga gedung dapat di gunakan di akhir 2020,” urai Malik.

Sebelumnya pendirian SSCH ini sudah melalui studi di beberapa kota yang lebih dulu memiliki ruang kreatif. Di antaranya, Jakarta Creative Hub dan Bandung Crative Hub. Kedua lokasi itu dipilih karena mampu merepresentasikan kebutuhan kreatif generasi muda jaman now.

Dengan melakukan studi di kedua kota itu, Malik optimistis apa yang digagas di Sulsel tidak akan kalah dengan ada yang sudah ada.

“Nanti kita punya ciri khas yang beda dengan di tempat lain. Ada kearifan lokal yang akan ditonjolkan,” paparnya.

Fungsional SSCH ke depan diharapkan tidak hanya meningkatkan potensi generasi muda, namun juga mampu menciptakan produk kreatif yang bisa bersaing secara global maupun internasional.

Umumnya, mampu berkontribusi bagi pengembangan sumber daya manusia di Sulsel.

“Harapan melalui SSCH ini kita akan melahirkan dan menciptakan generasi yang berkualitas, kreatif, jiwa kepeminpinan yang baik, generasi yang berintegritas dan cinta kepada bangsa dan negaranya. Berani tampil dan sportif,” jelas Malik.

Pembangunan SSCH ini juga sudah digaungkan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah. Lewat akun instagram resminya, Nurdin menyebut pembangunan SSCH ini dirancang oleh para arsitek muda asal Sulsel.

“Gedung ini akan menjadi wadah bagi anak muda untuk mengembangkan bakat dan kreativitasnya,” sebut Nurdin.

Dia berharap, anak muda bisa terus meng-upgrade kemampuannya untuk bisa ikut berkontribusi membangun bangsa di masa yang akan datang.

Sumber:
https://makassar.sindonews.com/berita/35175/1/ruang-kreatif-untuk-milenial-bakal-hadir-di-makassar-tahun-depan